Konfigurasi Spanning Tree Protocol


Spanning Tree Protocol (STP) merupakan sebuah mekanisme pada switch yang digunakan untuk mencegah terjadi nya looping. Pada pembelajaran sekarang kita akan mencoba merubah root bridge suatu switch dengan topologi dan kofigurasi-nya sebagai berikut :


Spanning tree secara otomatis sudah diaktifkan di switch, untuk melihat status spanning tree gunakan perintah berikut :


Penentuan root bridge didasarkan pada beberapa hal seperti berikut :

1. Priority Interface
2. MAC Address

Switch dengan pirority interface terkecil akan menjadi root bridge. Namun secara default nilai priority interface pada seluruh switch adalah sama, yaitu 32768. Karena itu, pemilihan root bridge akan didasarkan pada MAC Address. Switch dengan mac address terendah akan menjadi root bridge. Switch yang menjadi root tidak akan memiliki port dalam status blocking.

Pada gambar di bawah ini SW1 memiliki port dalam status bloking dan kita akan merubah priority nya agar SW1 menjadi root bridge


STP memiliki priority interface nya sendiri jika kita memilih nya denga asal tentu tidak akan berhasil, untuk mengetahui interface priority kita bisa memasukan angka asal.







Setelah mengetahui nya, untuk berjaga-jaga jangan memilih interface priority yang paling kecil, karna jika suatu saat kita ingin mengganti root bridge kita masih bisa mengurangi nya ke angka yang kecil.


Untuk mengetahui apakah SW1 sudah menjadi bridge atau belum, lakukan cek status
Seperti gambar dibawah ini :




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Translate