Konfigurasi Per Vlan Spanning Tree


per vlan spanning tree (PVST) sebenarnya tidak memiliki perbedaan dalam hal pengertian dan fungsi nya seperti pada STP, hanya saja perbedaannya terletak pada penambahan comand pada CLI Switch Server. PVST juga memiiki kelebihan yaitu tidak terjadi Running Time Out (RTO) pada saat perpindahan jalur koneksi yang putus ke jalur yang lainnya. sehingga tidak memakan banyak waktu dalam hal pengiriman pesan saat terjadi pemutusan jalur.

Untuk topologi dan konfigurasinya sebagai berikut :


Pada gambar diatas antara SW 1 dan SW 2, SW 1 memiliki mac address lebih rendah, sehingga SW1 akan menjadi secondary root bridge. Yang artinya port pada SW 2 akan berada pada status blocking. Untuk meihat statusnya lakukan seperti berikut :



Selanjutnya kita akan membuat vlan 10 dan 20 pada SW 1 jangan lupa di trunk












Coba lihat kembali status spanning tree nya :




Pada gambar diatas menunjukan vlan 10 dan vlan 20 terdaftar di spanning tree

Dengan PVST ini, kita bisa saja mengkonfigurasi agar root bridge pada setiap vlan berbeda. Sebagai contoh,misal kita ingin agar SW3 menjadi root  bridge pada vlan 10, maka kita hanya perlu meninggikan priority pada SW3







Pada gambar diatas jika kita tidak tahu angka dari priority berapa yang harus dipasang kita bisa memasukan angka asal dengan begitu akan muncul pilihan angka yang dapat dipasang untuk dijadikan priority.

Sekarang coba cek kembali status spanning tree nya pada SW3


Sekarang SW3 juga telah menjadi root bridge

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Translate