Cara Menyeting NTP Client pada MikroTik


Penjelasan NTP :
Network Time Protocol atau lebih sering disebut dengan istilah NTP adalah
sebuah mekanisme atau protokol yang digunakan untuk melakukan sinkronisasi terhadap penunjuk waktu dalam sebuah sistem komputer dan jaringan. Proses sinkronisasi ini dilakukan di dalam jalur komunikasi data yang biasanya menggunakan protokol komunikasi TCP/IP. Sehingga proses ini sendiri dapatdilihat sebagai proses komunikasi data biasa yang hanya melakukan pertukaranpaket-paket data saja.

NTP menggunakan port komunikasi UDP nomor 123. Protokol ini memang
didesain untuk dapat bekerja dengan baik meskipun media komunikasinya
bervariasi, mulai dari yang waktu latensinya tinggi hingga yang rendah, mulai dari media kabel sampai dengan media udara. Protokol ini memungkinkan perangkat perangkat komputer untuk tetap dapat melakukan sinkronisasi waktu dengan sangat tepat dalam berbagai media tersebut. Biasanya dalam sebuah jaringan, beberapa node dilengkapi dengan fasilitas NTP dengan tujuan untuk membentuk sebuah subnet sinkronisasi. Node-node tersebut kemudian akan saling berkomunikasi dan ber sinkronisasi menyamakan waktu yang direkam mereka. Meskipun ada beberapa node yang akan menjadi master (primary server), protokol
NTP tidak membutuhkan mekanisme pemilihan tersebut.

Setting NTP Pada MikroTik :
Dalam kondisi tertentu Router Mikrotik harus bekerja berdasarkan waktu,
baik tanggal, hari, maupun jam. Contoh-nya jika anda ingin memblokir situs pada jam tertentu saja dan mungkin anda juga ingin memblokir akse internet di luar jam kerja, Jika anda menggunakan PC sebagai Router Mikrotik ini tentu bukan masalah,karena di Motherboard komputer sudah terpasang baterai yang dapat mempertahankan konfigurasi waktu. Namun pada RouterBoard Mikrotik yang tidak memiliki barerai internal maka konfigurasi waktu akan kacau tiap kali router mengalami restart.

Untuk menghindarinya kita memerlukan konfigurasi network time protocol
(NTP) pada router mikrotik dan untuk melakukan-nya kita perlu mengetahui NTP Server yang ada di Internet, Untuk sinkronisasi konfigurasi waktu pada Router Mikrotik, Anda bisa menggunakan NTP Server untuk Indonesia dengan IP Address 203.160.128.3

Dalam menyeting NTP ada 2 bagian :
A. Setting NTP sebagai client
B. Setting NTP server Mikrotik






A. Setting NTP sebagai client
 
1.  Koneksikan router agar terhubung ke internet, lalu Pada package system RouterOS               
Mikrotik sudah terdapat fitur SNTP/NTP (Simple Network Time Protocol) Client yang bisa digunakan untuk memfungsikan Router sebagai NTP Client. Saat menyala, Router akan otomatis melakukan sinkronisasi waktu terhadap NTP Server yang ditunjuk sehingga pengaturan waktu akan tetap update.

 Contoh NTP Server di internet yang bisa digunakan adalah : id.pool.ntp.org , ntp.nasa.gov ,dsb.lalu Hanya terdapat 2 mode pada SNTP Client, broadcast dan unicast lalu Gunakan mode=unicast. Untuk mode yang lain (Multicast dan Manycast) bisa gunakan NTP Client dengan menginstall package ntp.npk.






2. Jika SNTP sudah berhasil melakukan sinkronisasi,lalu cek pada menu                              
    system > clock, lalu akan terlihat bahwa tanggal sudah sesuai akan tetapi jam  
    masih belum. Sesuaikan dengan mengatur Time Zone Name .






B. Setting Mikrotik Sebagai NTP Server
   fungsi NTP Server ini kita bisa memiliki sebuah server didalam jaringan kita sehingga RouterBoard yang lain cukup mencari informasi waktu pada jaringan lokal, tidak perlu menggunakan bandwidth untuk akses ke public NTP server di internet.
Tapi NTP server pada Mikrotik tidak terdapat pada package default RouterOS, sehingga harus install manual package ntp.npk.

Kita juga bisa menentukan metode penyebaran informasi waktu, bisa menggunakan Broadcast,Multicast atau Manycast. Berikut salah satu contoh pengaturan NTP Server yang bisa didengar pada jaringan segment IP Address 192.168.30.0/24.




Pengaturan NTP Server tersebut menggunakan type penyebaran Broadcast, sehingga pada NTP Client juga harus menggunakan mode yang sama agar bisa melakukan sinkronisasi waktu terhadap NTP server tersebut.   

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar

Translate